MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN MUSRENBANG TIKNGKAT KECAMATAN SE-KABUPATEN WAY KANAN TAHUN 2019

authorAdmin BAPENDA date21 Februari 2019 comments299 Dilihat

Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Way Kanan Melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 dilaksanakan mulai Hari kamis 21 Februari 2019.

Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Tahun 2019 ini mempunyai arti penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2020 untuk mencapai visi dan misi yang ditetapkan dalam RPJMD Waykanan 2016-2021.

Pada prinsipnya Musyawarah Perencanaan pembangunan tingkat kecamatan merupakan lanjutan dari Musyawarah Rencana pembangunan tingkat Kampung, diharapkan prioritas pembangunan yang diusulkan merupakan prioritas pembangunan yang diharapkan masyarakat.

Disampaikan Wakil Bupati Way Kanan DR. Drs. Hi. Edward Anthony, M.M dalam rangka Murenbang Tingkat Kecamatan yang dimulai di Kecamatan Baradatu dan Kecamatan Banjit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilakasanakan melalui upaya pembangunan, pemberdayaan dan palayanan masyarakat.

Sampai tahun ke 3 kebijakan pembangunan kita diarahkan pada pembangunan infrastruktur dasar untuk merangsang pertumbuhan seluruh sektor dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Setelah sebagian besar target infrastruktur dasar telah tercapai saatnya kita fokus pada upaya pembangunan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat dengan strategi pengembangan produk unggulan daerah, khususnya produk olahan hasil pertanian, kopi, karet, singkong, sawit, tebu dll termasuk pariwisata daerah. Kita juga sdg mengupayakan agar Suplesi Way Besai dilanjutkan dengan pembangunan  saluran irigasi agar dapat berfungsi meningkatkan produksi pangan  khususnya padi.

Harapan saya mari kita ditingkatkatkan sinergitas program antara pemerintah Kabupaten dan Kampung dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan agribinis dan usaha ekonomi produktif dengan mengalokasikan lebih besar lagi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Selanjutnya sangat penting untuk mendapat perhatian adalah peningkatan SDM.   Hal ini harus dimulai dengan memperhatikan petumbuhan anak, dengan memberikan ruang yang memadai kepada anak untuk berkreasi dalam keadaan aman. Oleh karenanya fasilitas bagi anak-anak agar juga dapat diakomodir melalui APBK,  Posyandu dan PAUD terus dikembangkan serta sarana prasarana bermain kreatif diperbanyak.

Terkait upaya pengentasan  kemiskinan  kita terus memberikan pelayanan sosial yang semakin besar melalui PKH, Bedah Rumah, BPJS , Bosda dll. sehingga kedepan diharapkan  tidak ada warga Way Kanan yang tidak terlayani oleh pembangunan.

Tag :